Resume atau Rangkuman Bab 11 Penetapan Harga Produk Strategi Penetapan Harga buku Prinsip-Prinsip Pemasaran edisi 12 Jilid 2 Philip Kotler
NIM : 1912070426
Bab 11
Penetapan Harga Produk Strategi Penetapan Harga
Strategi Penetapan Harga Produk
Baru.
Penetapan Harga Memerah Pasar
dimana menetapkan harga yang tinggi
untuk meraup pendapatan maksimum dari lapisan demi lapisan segmen yang
bersedia membayar harga tinggi ; perusahaan menghasilkan penjualan lebih tinggi
sedikit tetapi lebih menguntungkan.
Penetapan harga dengan
penetrasi pasar dimana menetapkan harga rendah bagi produk baru untuk menarik
sejumlah besar pembeli dan pangsa pasar yang besar.
Strategi Penetapan Harga Bauran
Produk.
Penetapan harga lini produk (Produk
line pricing) dimana menetapkan jenjang harga antara
berbagai produk dalam sebuah lini produk berdasarkan perbedaan biaya antar
produk, evaluasi pelanggan terhadap berbagai fitur berbeda, dan harga pesaing.
Penetapan harga produk tambahan
(Optional product pricing) dimana penetapan harga produk tambahan atau
pelengkap yang dijual beserta produk Utama.
Penetapan harga produk terikat
dimana menetapkan harga produk yang harus digunakan Bersama produk Utama.
Penetapan harga produk sampingan
dimana menetapkan harga rendah pada produk-produk sampingan untuk
menyingkirkan mereka.
Penetapan harga pekat produk
dimana menetapkan harga paket produk yang dijual Bersama.
Strategi penyesuaian harga.
Terdapat 7 Strategi penyesuaian
harga sebagai berikut :
1. Pentetapan
harga diskon dan potongan harga dimana mengurangi harga untuk menghargai
respon pelanggan seperti membayar lebih awal atau mempromosikan produk.
2. Pentetapan
harga tersegmentasi dimana menyesuaikan harga untuk memungkinkan adanya
perbedaan dalam pelanggan, produk, atau lokasi.
3. Pentetapan
harga psikologis dimana menyesuaikan harga untuk pengarush psikologis.
4. Pentetapan
harga promosi dimana mengurangi harga sementara guna meningkatkan penjualan
jangka pendek.
5. Pentetapan
harga geografis dimana menyesuaikan harga untuk memperhitungkan lokasi
geografis pelanggan.
6. Pentetapan
harga dinamis dimana menyesuaikan harga terus menerus untuk memenuhi
karakteristik dan kebutuhan pelanggan individual dan situasi tertentu.
7. Pentetapan
harga internasional dimana menyesuaikan harga untuk pasar internasional.
Perubahan harga.
Perusahaan sering menghadapi
situasi dimana harus melakukan perubahan harga atau merespon perubahan harga
yang dilakukan pesaing.
Memulai perubahan harga :
Memulai pemotongan harga :
Perusahaan bisa memotong harga dalam usahanya untuk mendominasi pasar melalui
biaya yang lebih rendah.
Memulai kenaikan harga : Ketika menaikan
harga, perusahaan harus menghindari anggapan dirinya sebagai pengeksploitasi
harga.
Reaksi pembeli terhadap perubahan
harga
Reaksi pesaing terhadap perubahan
harga
Merespon perubahan harga
Kebijakan public dan penetapan
harga
Isu kebijakan public Utama dalam penetapan
harga meliputi :
1. Penetapan
harga di dalam tingkat saluran.
Menyatakan bahwa
penjual harus menetapkan harga tanpa berbicara kepada pesaing. Penjual juga
dilarang menggunakan penetapan harga yang mematikan (Predatory pricing) –
menjual dibawah biaya dengan maksud menghukum pesaing atau meraih laba jangka Panjang
yang lebih tinggi dengan menyingkirkan pesaing dari bisnis.
2. Penetapan harga lalu lintas tingkat saluran.
Penjual dapat mendiskriminasikan penetapan harganya jika penjual membuat kualitas yang berbeda dari produk yang sama untuk pengecer berbeda
Thank You ;-)
Komentar
Posting Komentar