Resume atau Rangkuman Bab 11 Penetapan Harga Produk Strategi Penetapan Harga buku Prinsip-Prinsip Pemasaran edisi 12 Jilid 2 Philip Kotler

Nama      : Injilia Mikha Kurniawati
NIM        : 1912070426
Kampus  : Perbanas Institute Kampus Bekasi 

Bab 11

Penetapan Harga Produk Strategi Penetapan Harga

 

Strategi Penetapan Harga Produk Baru.

Penetapan Harga Memerah Pasar dimana menetapkan harga yang tinggi  untuk meraup pendapatan maksimum dari lapisan demi lapisan segmen yang bersedia membayar harga tinggi ; perusahaan menghasilkan penjualan lebih tinggi sedikit tetapi lebih menguntungkan.

 

Penetapan harga dengan penetrasi pasar dimana menetapkan harga rendah bagi produk baru untuk menarik sejumlah besar pembeli dan pangsa pasar yang besar.

 

Strategi Penetapan Harga Bauran Produk.

Penetapan harga lini produk (Produk line pricing) dimana menetapkan jenjang harga antara berbagai produk dalam sebuah lini produk berdasarkan perbedaan biaya antar produk, evaluasi pelanggan terhadap berbagai fitur berbeda, dan harga pesaing.

Penetapan harga produk tambahan (Optional product pricing) dimana penetapan harga produk tambahan atau pelengkap yang dijual beserta produk Utama.

Penetapan harga produk terikat dimana menetapkan harga produk yang harus digunakan Bersama produk Utama.

Penetapan harga produk sampingan dimana menetapkan harga rendah pada produk-produk sampingan untuk menyingkirkan mereka.

Penetapan harga pekat produk dimana menetapkan harga paket produk yang dijual Bersama.

 

Strategi penyesuaian harga.

Terdapat 7 Strategi penyesuaian harga sebagai berikut :

1.    Pentetapan harga diskon dan potongan harga dimana mengurangi harga untuk menghargai respon pelanggan seperti membayar lebih awal atau mempromosikan produk.

2.    Pentetapan harga tersegmentasi dimana menyesuaikan harga untuk memungkinkan adanya perbedaan dalam pelanggan, produk, atau lokasi.

3.    Pentetapan harga psikologis dimana menyesuaikan harga untuk pengarush psikologis.

4.    Pentetapan harga promosi dimana mengurangi harga sementara guna meningkatkan penjualan jangka pendek.

5.    Pentetapan harga geografis dimana menyesuaikan harga untuk memperhitungkan lokasi geografis pelanggan.

6.    Pentetapan harga dinamis dimana menyesuaikan harga terus menerus untuk memenuhi karakteristik dan kebutuhan pelanggan individual dan situasi tertentu.

7.    Pentetapan harga internasional dimana menyesuaikan harga untuk pasar internasional.

 

Perubahan harga.

Perusahaan sering menghadapi situasi dimana harus melakukan perubahan harga atau merespon perubahan harga yang dilakukan pesaing.

Memulai perubahan harga :

Memulai pemotongan harga : Perusahaan bisa memotong harga dalam usahanya untuk mendominasi pasar melalui biaya yang lebih rendah.

Memulai kenaikan harga : Ketika menaikan harga, perusahaan harus menghindari anggapan dirinya sebagai pengeksploitasi harga.

Reaksi pembeli terhadap perubahan harga

Reaksi pesaing terhadap perubahan harga

Merespon perubahan harga

 

Kebijakan public dan penetapan harga

Isu kebijakan public Utama dalam penetapan harga meliputi :

1.       Penetapan harga di dalam tingkat saluran.

Menyatakan bahwa penjual harus menetapkan harga tanpa berbicara kepada pesaing. Penjual juga dilarang menggunakan penetapan harga yang mematikan (Predatory pricing) – menjual dibawah biaya dengan maksud menghukum pesaing atau meraih laba jangka Panjang yang lebih tinggi dengan menyingkirkan pesaing dari bisnis.

2.         Penetapan harga lalu lintas tingkat saluran.

        Penjual dapat mendiskriminasikan penetapan harganya jika penjual membuat kualitas yang berbeda dari produk yang sama untuk pengecer berbeda



Thank You ;-) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Statistika Deskriptif Tentang Ukuran Gejala Pusat Data Dikelompokan

Resume atau Rangkuman Bab 12 Saluran Pemasaran dan Manajemen Rantai Pasokan buku Prinsip-Prinsip Pemasaran edisi 12 Jilid 2 Philip Kotler

Makalah Tutorial MYOB