Makalah Tutorial MYOB


KATA PENGANTAR

 

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada Penulis sehingga terciptalah karya tulisan berupa makalah tentang studi kasus myob ini.
   Penulis adalah Mahasiswi Bina Sarana Informatika yang telah mengikuti mata kuliah tentang Aplikasi Komputer Akuntansi III pada semester genap. Aplikasi komputer akuntansi yang dipelajari penulis yaitu Myob Premier versi 16 yang telah banyak digunakan oleh perusahaan kecil dan menengah.
            Makalah ini disusun untuk memenuhi nilai UAS pada semester empat (genap) yang sebelumnya telah penulis pelajari dan praktekkan di kampus dengan bimbingan Dosen dan Asisten Dosen. Penulis mengucapkan terimakasih kepada :
1.         Pihak Kampus Bina Sarana Informatika Kalimalang
2.         Bapak Elan Kurniawan  selaku Dosen Mata Kuliah Aplikasi Komputer Akuntansi III
3.         Dan pihak yang bersangkutan yang tidak bisa Penulis sebutkan satu persatu.
Penulis berharap dengan penyajian makalah ini yang berupa teori dan contoh soal studi kasus didalamnya dapat bermanfaat untuk para pembaca guna mengenal Aplikasi Komputer Myob V.16 lebih dalam lagi.
Demi keberhasilan proses belajar serta agar terlahir karya ilmiah yang lebih baik lagi di masa yang akan datang, penulis menerima segala kritik dan saran yang membangun dari rekan sejawat atau pun para pakar akuntansi yang terkait.
Senin, 21 Mei 2018


Tim Penulis



        DAFTAR ISI









BAB 1

MENGENAL APLIKASI MYOB V.16 SISTEM MULTI CURRENCY

 

1.1. Perkenalan MYOB Premier V.16 Multi Currency

Salah satu kelebihan utama MYOB Premier dibandingkan dengan produk MYOB lainnya adalah fasilitas multi currency. Saat anda membuat file baru fasilitas ini tidak langsung diaktifkan oleh MYOB Primer. Anda masih harus mengaktifkan sendiri fitur dan fitur ini tidak ada di MYOB Accounting. MYOB Premier dapat digunakan untuk perusahaan yang menggunakan sistem multi currency (banyak mata uang) dan multi user (banyak pengguna).

1.2. Langkah-Langkah Persiapan MYOB

1. Setup Currency Simbol & Date Format
Format tanggal dan simbol mata uang yang ditampilkan di MYOB, mengikuti simbol mata uang dan setting yang telah ditentukan di dalam local currency (multi currency) di menu list-currencies.

2. Setup Company File & Company Information Preference
Buat file baru di MYOB, sekaligus menentukan periode pembukuan yang dipilih, menentukan tipe akun yang dibuat dan menentukan letak file.myo akan ditempatkan.

3. Setup Currency List
Tentukan dan seting mata uang local dan mata uang asing yang akan digunakan di MYOB Multy Currency.

4. Setup Daftar Account
Daftar akun sudah dibuat di notepade maka file tersebut bisa di import ke dalam MYOB.

5. Setup Link Account
Tetapkan linked account yang menyebabkan MYOB membuatkan jurnal otomatis, baik untuk transaksi pembelian dan penjualan di mata uang lokal maupun transaksi pembelian dan penjualan dengan mata uang asing

6. Setup Pajak
Susun format untuk pencatatan dan penghitungan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), linked akun PPN masukan dan keluaran, serta tarif pajak yang berlaku.

7. Setup Jobs, Category, dan Harga.
8. Setup Saldo Awal melalui Opening Balance dengan pertukaran mata uang USD
9. Setup Card List Customer & Supplier
10. Setup Saldo Awal Customer dan Supplier
11. Setup Persediaan
12. Transaksi Purchase
13. Transaksi Sales

1.3. Setup Currency Symbol & Date Format

Sebelum menjalankan aplikasi myob V16 setting terlebih dahulu format tanggal dengan cara:
- Klik START > CONTROL PANEL
- Double Click Regional & Language Setting




1.4. Bekerja dengan MYOB Premier v16

A. Database Perusahaan Baru

Buatlah Informasi data perusahaan sesuai dengan data dibawah ini: Ny.Mikha  mendirikan  usaha  yang  bergerak  dibidang  jasa  di  tahun  2015.  Periode Akuntansi Januari 2018 – 31 Desember 2018.
Berikut data perusahaan:
Nama Perusahaan        : Mikha Salon & SPA
Alamat Perusahaan     : Jl. Jati Bening No.12
Kota                            : Bekasi
Negara                         : Indonesia
Kode Pos                     : 1465
Perusahaan salon ini tidak hanya memberikan jasa saja tetapi menjual barang juga untuk digunakan pada saat konsumen datang dan barang dijual diluar biaya perawatan atau yang lainnya.
Untuk membuat data perusahaan baru maka kita harus membuka Aplikasi myob melalui desktop atau start program dan akan tampil seperti gambar berikut  ini


B. Membuat Perusahaan Baru Menggunakan MYOB Premier v16
Membuat perusahaan baru Menggunakan MYOB Premier v16 dengan cara:
Klik>> Menu Create.


- Tampilan Jendela Selamat datang di Myob, untuk membuat data baru klik button Next >.



- Tampil jendela Company Information. Kemudian isi data seperti dibawah ini:



- Klik Next. Kemudian akan tampil jendela New Company File Assistant




Current FY : Tahun Tutup Buku
Last Month FY : Bulan Tutup Buku
Conversion Month : Bulan Konversi Manual ke MYOB
Number of Acct Periods : Jumlah Bulan Periode Akuntansi
- Klik Next.
- Kemudian akan tampil jendela Konfirmasi. Perhatikan informasi yang ditampilkan


- Klik Next.
- Pada tampilan jendela New Company File Assistant, Pilih Option yang kedua karena akunnya menggunakan fasilitas import akun.


Ada 3 pilihan yang disediakan:
1. Menggunakan daftar akun yang disediakan oleh MYOB sesuai dengan jenis usaha yang dipilih

2. Menggunakan fasilitas import akun, dimana akun yang akan di gunakan telah digunakan didalam suatu file text.

3. Membuat sendiri daftar akun pada Modul Account MYOB Premier

- Klik Next. Kemudian tampil Jendela Company File. Tentukan tempat penyimpanan database perusahaan.
Secara default file tersebut akan disimpan di dalam Folder Instalasi MYOB Premier. Untuk merubahnya klik >> Change.
- Klik Next.
- Tampil Jendela Conculation.

- Klik Command Center.
 Setup Assistant: untuk menyelesaikan semua setup yang diperlukan sebelum masuk ke jendela utama (Command Centre) MYOB.
 Command Centre: untuk masuk ke jendela utama MYOB, jika memilih opsi ini anda tetap dapat melakukan setup melalui menu-menu yang ada.

Jika sudah masuk ke Command Centre, lihat Company Information untuk melihat kembali periode akuntansi yang telah di setup. Pilih menu bar SETUP - COMPANY INFORMATION.
C. Setup Multi Currencies
Saat membuat file baru fasilitas multi currencies tidak langsung diaktifkan oleh MYOB Premier. Untuk mengaktifkan fungsi multi currency pada MYOB dengan cara:
1. Dari Menu Bar pilih menu Setup, pilih dan klik Preferences.

2. Pada bagian tab System.


3. Pilih “I Deal in Multiple Currencies”.



4. Kemudaian akan tampil pesan

1.5. Daftar Mata Uang

Setelah mengaktifkan fasilitas multi currencies, secara otomatis telah dibuatkan salah satu mata standar internanasional, yaitu singapure dollars [local] supaya sesuai dengan kondisi di Indonesia maka kode dan nama mata uang tersebut harus diganti menjadi rupiah.
Berikut daftar mata uang yang perlu dibuat
Currency Code
Currency Name
Exchange Rate
Currency Symbol
IDR
Rupiah
1
Rp
USD
United States Dollars
13.000
US$

1. Pilih Menu List – currencies.

2. Klik anak panah di baris singapure dollars (local) atau klik Edit (Alt D).

3. Rubah data menjadi seperti berikut:
ISO Currency Code : mata uang dari SGD menjadi IDR
Currency Name : Singapure Dollars menjadi Rupiah
Currency Symbol : Simbolnya dari S$ menjadi Rp (tanpa titik).

4. Klik OK.
5. Kemudian klik edit untuk membuat mata uang lainya, yaitu mata uang USD.
6. Untuk Mata Uang USD Exchange Rate ubah menjadi Rp. 13.000

7. Klik OK.

 

 

 



 

 

 

 

 



BAB II

SETUP MODUL ACCOUNTS

2.1. Setup Account

2.1.1. Membuat Account Baru
Tambahkan Account List dibawah ini dengan mengganti mata uang USD
Acc #
Acc Name
H/D
Acccount Type
1-0110
Kas (USD)
D
Bank
1-0120
Bank (USD)
D
Bank
1-0210
Trade Debtors (USD)
D
Account Receivable
2-0210
Trade Creditors (USD)
D
Account Payable

Adapun langkah-langkah membuat akun baru untuk mata uang asing sebagai berikut:
- Modul Account  Account List.
- Pada tab account pilih New Kemudian buat account Kas (USD) dengan type account adalah Bank, seperti gambar dibawah ini:

- Pada Tab Details ganti currency menjadi USD.
Fungsinya untuk Mengganti mata uang Account Cash (USD) yang semula IDR menjadi mata uang USD. Lihat daftar account seperti pada gambar:

- Kemudian klik OK.
- Pada Currency Exchange Account akan tampil secara otomatis dengan kode akun 1-0111 Kas (USD) Exchange.

- Maka secara otomatis akan terbentuk account cash (USD) exchange. Lihat daftar account seperti di bawah ini:

2.1.2. Merubah Data Account Type
Edit Acccount Type untuk akun dibawah ini:
Acc #
Acc Name
H/D
Acccount Type
1-0111
Kas (USD) Exchange
D
Bank
1-0121
Bank (USD) Exchange
D
Bank
1-0211
Trade Debtors (USD) Exchange
D
Account Receivable
2-0211
Trade Creditors (USD) Exchange
D
Account Payable
Adapun langkah-langkah merubah account Type akun untuk mata uang asing sebagai berikut:
- Pilih Modul Account  Account List.
- Pada tab account pilih akun 1-0111 Kas (USD) Exchange.
- Pilih button Edit.
- Pada kolom Account Type ubah menjadi Bank.

- Klik OK.

2.2. Mengimport Akun

Untuk mempercepat proses pembuatan akun baik header maupun detail bisa dilakukan dengan cara melakukan import dari file yang sudah disediakan.
Berikut ini langkah melakukan import daftar akun:
1. Buka menu File – Import Data - Accounts – Account Information.
2. Akan tampil jendela Import File. Pada pilihan Duplicate Records pilih menjadi Update Existing Record.

3. Klik Continue.
4. Cari LETAK daftar akun (nama file : yang akan di import.
5. Klik Open.
6. Pasangkan Kolom Kiri dengan Kolom kanan, dengan cara:
- Klik pada Satu Field di kolom kiri
- Klik pada Field yang sama di kolom kanan.
- Hingga tampak seperti gambar di bawah ini:


- Klik Import

7. Proses import akan dijalankan oleh MYOB. Kemudian hasil impor akan ditampilkan pada jendela MYOB Premier.
Without error yaitu menampilkan berapa jumlah akun yang berhasil diimpor tanpa kesalahan. Skipped yaitu jumlah akun yang gagal diimpor. Warnings yaitu akun yang tetap diimpor dengan beberapa data yang diabaikan.

2.3. Setup Linked Account

Setelah membuat data akun baru, MYOB telah menyediakan beberapa dari default account list yang tidak dapat dihapus, tetapi dapat digantikan dengan nomor dan nama akun yang lain. Hal itu dikarenakan akun tersebut telah terhubung dengan akun dan form lain yang nantinya akun tersebut akan membuatkan jurnal otomatis yang terjadi transaksi yang berkaitan dengan akun tersebut.
Akun yang terhubung tersebut melekat di empat tempat, yaitu:
 Linked account yang diisikan dari menu setup.
 Linked account yang diisikan dari menu List - Currencies.
 Linked account yang diisikan dari menu List – Tax Codes.
 Linked account yang diisikan dari menu List – Items

2.3.2. Setup Link Accounts & Banking Accounts
Pilih Menu Setup Linked Account Account & Banking Accounts

2.3.3. Setup IDR Linked Account
a. IDR Sales Link Account
- Buka dari menu List Currencies.
- pilih baris mata uang Rupiah (Local) klik Edit.

- Isikan 2 Linked account pada tab receivable seperti berikut ini.
Asset Account for Tracking Receivables 1-0200 Piutang Usaha
Bank Account for Customer Receipt 1-1112 Bank Beta

b. IDR Purchase Link Account
- Isikan 2 Linked account pada tab Payable Accounts seperti berikut ini.
Liability Account for Tracking Receivables 2-0200 Hutang Dagang
Bank Account for Paying Bills 1-1111 Bank Alfa



2.3.4. Setup USD Linked Account
Jika terjadi pembelian dan penjualan dengan mata uang asing maka kita harus menentukan kembali link acount untuk setiap mata uang asing tersebut.
a. USD Sales Link Account
- Buka dari menu List – Currencies.
- pilih baris mata uang United States Dollars, klik Edit.


- Isikan 2 Linked account pada tab receivable seperti berikut ini.
Asset Account for Tracking Receivables 1-0210 Trade Debtors (USD)
Bank Account for Customer Receipt 1-0110 Bank (USD)


b. USD Purchase Link Account
- Isikan 2 Linked account pada tab Payable Accounts seperti berikut ini.
Liability Account for Tracking Receivables 2-0210 Trade Creditors (USD)
Bank Account for Paying Bills 1-0110 Bank (USD)


2.3.5. Setup Pajak Linked Account
A. Kode pajak yang perlu di buat
Tax Code

PPN
Description

Pajak Pertambahan Nilai
Tax Type

Good & Service Tax

Rate
10%
Tax Collected

2-3100 Pajak Masukan
Tax Paid

2-3200 Pajak Keluaran


- Dari Menu Bar Pilih List Tax code New




B. Kode pajak yang di ubah dari daftar list
Tax Code
N-T
Description
Non – Taxable
Tax Type
Sales Tax
Rate
0%
Tax Collected
2-3100 Pajak Masukan
Tax Paid
-



2.4. Setup Jobs, Categories dan Harga

2.4.2. Jobs
Jobs oleh MYOB diartikan sebagai suatu bagian pekerjaan dalam perusahaan. Dengan menggunakan fasilitas job ini, perusahaan dapat melihat dan menganalisa laba atau rugi atas bagian pekerjaan tersebut.
Berikut daftar jobs yang perlu dibuat:

Job No
Job Name
P
Produk
J
Jasa

- Pilih menu ListJobsNew



- Lakukan Langkah yang sama untuk Job J.


2.4.3. Catagory
MYOB menyediakan satu fasilitas tambahan lagi untuk bisa memisahkan laporan perdevisi, cabang, tau kategori. Category yang dimaksudkan di sini nantinya kita bisa melihat laporan laba rugi. Bisa melihat laporan neraca, laporan buku besar, dan per kategori. Selain itu category bisa juga diklasifikasikan sebagai departemen suatu perusahaan yang bersifat cost centre.
Daftar kategori yang perlu dibuat, seperti berikut:
Categories ID
Categories Name
L
Local
O
Overseas


- Setup Category Pilih menu List categoryNew

- Lakukan Langkah yang sama untuk Categoties O.


2.4.4. Price Level
Berikut daftar price level yang perlu dibuat:
Price ID
Price Name
A
IDR
B
USD
- Pilih Menu List - Costum list & field names - Price Levels


- Pada tab Price Level isikan seperti dibawah ini:




BAB III

SETUP OPENING BALANCE , CARD FILE dan INVENTORY

3.1. Setup Opening Balance


Saldo awal neraca bisa dimasukkan dalam satu form secara langsung. Selain melalui menu setup – balance – account opening balance. Saldo awal akun juga bisa dimasukkan langsung di dalam akun itu sendiri di field opening balance. Tetapi, jika jumlah akun yang dimasukkan saldonya banyak maka memasukkan dengan cara tersebut akan lebih lama. Atau saldo awal juga bisa dimasukkan dengan cara membuatkan satu jurnal dari menu accounts – record journal entry.
Berikut cara yang di anjurkan untuk mengisikan saldo awal neraca yaitu:
- Pilih Menu Setup => Balance => Account Opening Balance.
- Tambahkan untuk saldo awal sebagai berikut:

Akun dengan mata uang asing, disikan sebesar nilai mata uang asing maka oleh MYOB akan dihitung sebesar nilai exchange-nya dari kurs yang diisi di menu list – curriencies.
- Masukkan nilai minus jika jumlah saldo awal perkiraan tersebut bersifat mengurangi perkiraan lain perkiraan lain, misalnya untuk perkiraan Akumulasi Penyusutan, potongan, retur dan prive.

Berikut Ini adalah daftar neraca saldo awal Perusahaan Periode 01 Januari 2017:
Account
Name
Opening balance
1-0110
Kas (USD)
 $200
1-0111
Kas (USD) Exchange
 Rp        2.600.000
1-1100
Kas
 Rp        2.400.000
1-1101
Kas Kecil
 Rp        1.000.000
1-0120
Bank (USD)
 $150
1-0121
Bank (USD) Exchange
 Rp        1.950.000
1-0200
Piutang Usaha
 Rp           830.000
1-0210
Trade Debtors (USD)
 $90
1-0211
Trade Debtors (USD) Exchange
 Rp        1.170.000
1-1111
Bank Alfa
 Rp        4.050.000
1-1112
Bank Beta
 Rp        4.000.000
1-1160
Persediaan barang dagang
 Rp      12.000.000
1-1150
Sewa dibayar dimuka
 Rp        2.500.000
1-2110
Peralatan
 Rp        8.200.000
1-2120
Akm. Peny. Peralatan
 Rp      (1.640.000)
1-2300
Kendaraan
 Rp      14.500.000
1-2400
Akm. Peny. Kendaraan
 Rp      (1.450.000)
2-0200
Hutang Usaha
 Rp        1.050.000
2-0210
Trade Creditors (USD)
 $150
2-0211
Trade Creditors (USD) Exchange
 Rp        1.950.000
2-2100
Hutang Bank Alfa
 Rp        6.860.000
3-1000
Modal di setor
 Rp      40.000.000
3-3000
Laba ditahan
 Rp        2.250.000


saldo awal untuk akun yang Exchange tampil
secara otomatis (klikCalculate)




3.2. Setup Cards List
3.2.1. Setup Cards List (Currency US Dollar)
Berikut ini adalah data customer dan supplier yang dimiliki oleh perusahaan dengan
menggunakan mata uang USD (US$) :
ID
Card Type
Name
Country
C01
Customer
Salon windi
 Amerika serikat
S01
Supplier
PT.Sari ayu
 Amerika serikat




- Pilih menu Card File – Card List
- pilih jenis All Cards New.
- Isi data seperti gambar diatas ini

- Pada tab Selling Detail Ubah data untuk:

item price level : USD
Tax Code : PPN
Freight Tax Code : N-T

- Lakukan langkah yang sama untuk Data Card List diatas.
3.2.2. Setup Cards List (Currency IDR)
Berikut ini adalah data customer, suplier dan employee yang dimiliki oleh
perusahaan dengan menggunakan mata uang rupiah (IDR) :

ID
Card Type
Name
Country
C02
Customer
Dwi salon
 Indonesia
S02
Supplier
PT. Mustika Ratu
 Indonesia
E01
Employee
Arum
 Indonesia
E02
Employee
Reni
 Indonesia



a. Data Customer
- Pilih menu Card File – Card List
- pilih jenis Customer New.
- Isi data seperti gambar dibawah ini:

- Pada tab Selling Detail Ubah data untuk:




- Lakukan langkah yang sama untuk Data Customer berikutnya.

b. Data Supplier
- Pilih menu Card File – Card List
- pilih jenis Supplier New.
- Isi data seperti gambar dibawah ini:





- Lakukan langkah yang sama untuk Data Supplier berikutnya.
c. Data Employee
- Pilih menu Card File – Card List
- pilih jenis Employee New.
- Isi data seperti gambar dibawah ini:


- Lakukan langkah yang sama untuk Data Employee berikutnya
3.3. Setup Saldo Awal Customer dan Supplier
3.3.1. Setup Saldo Awal Customer dan Supplier (USD)
a. Setup Saldo Awal Customer (USD)
Adapun data saldo awal untuk Customer yang menggunakan mata uang (USD)
yaitu:
ID
Card Type
Name
job
Opening Balance
No. Inv
C01
Customer
Salon windi
P
$90
INV-02
S01
Supplier
PT.Sari ayu
P
$150
INV-03

- Pilih Menu Setup àBalance àCustomer Balance
- Pilih Customer [Salon windi ]
- Klik Add sale (Pastikan Currency diganti menjadi USD)

Isikan data-data yang ada pada tabel Saldo Awal Customer seperti gambar dibawah ini:

- Hingga Muncul pesan seperti berikut:

b. Setup Saldo Awal Supplier (USD)
Merupakan alokasi total hutang yang telah diinput di Account Opening
Balance. Jadi Total Nominal yang dialokasikan harussama dengan nominal hutang di Account Opening Balance. Adapun data saldo awal untuk Supplier yang menggunakan mata uang (USD) yaitu:
ID
Card Type
Name
job
Opening Balance
No. Inv
C01
Customer
Salon windi
P
$90
INV-02
S01
Supplier
PT.Sari ayu
P
$150
INV-03

Langkah mensetup saldo awal Supplier:
- Pilih Menu Setup àBalance àSupplier Balance
- Pilih Supplier [PT. Sari Ayu]
- Klik Add Purchase (Pastikan Currency diganti menjadi USD)

- Hingga Muncul pesan seperti berikut:

3.3.2. Setup Saldo Awal Customer dan Supplier (IDR)
a. Setup Saldo Awal Customer (IDR)        
ID
Card Type
Name
job
Opening Balance
No. Inv
C01
Customer
Dwi salon
P
Rp830.000,00
INV-01
S01
Supplier
PT.Mustika R
P
Rp1.050.000,00
INV-03
- Pilih Menu Setup àBalance àCustomer Balance
- Pilih Customer [Dwi Salon]
- Klik Add sale (Pastikan Currency diganti menjadi IDR)

- Hingga Muncul pesan seperti berikut:

b. Setup Saldo Awal Supplier (IDR)
- Pilih Menu Setup àBalance àSupplier Balance
- Pilih Supplier [PT.Mustika Ratu]
- Klik Add sale (Pastikan Currency diganti menjadi IDR)

- Hingga Muncul pesan seperti berikut:

 

  3.4 Setup Persediaan (Inventory)

Merupakan alokasi total Persediaan yang telah diinput di Account pening Balance.Oleh karena itu total nominal yang dialokasikan harus sama dengan nominal Persediaan di Account Opening Balance.
3.4.1. Setup Item List
Setup Items List dengan data sebagai berikut:
Item
P01
P02
P03
P04
P05
P06
S01
Name
Vitamin rambut Ellips
Vitamin Rambut Gingseng
Pewarna Rambut Garnier
Pewarna Rmbut Miranda
Lulur Sari Ayu
Lulur Mustika Ratu
Jasa perawatan
I Buy
5-1000 HPP (Produk)
5-1000 HPP (Produk)
5-1000 HPP (Produk)
5-1000 HPP (Produk)
5-1000 HPP (Produk)
5-1000 HPP (Produk)
5-1000 HPP (Jasa)
I Sell
4-1000 Penjualan Barang Dagang
4-1000 Penjualan Barang Dagang
4-1000 Penjualan Barang Dagang
4-1000 Penjualan Barang Dagang
4-1000 Penjualan Barang Dagang
4-1000 Penjualan Barang Dagang
4-1110 Pendapatan jasa perawatan
I Inventory
1-1160 Persediaan Barang Dagang
1-1160 Persediaan Barang Dagang
1-1160 Persediaan Barang Dagang
1-1160 Persediaan Barang Dagang
1-1160 Persediaan Barang Dagang
1-1160 Persediaan Barang Dagang
-
Buying Tax
PPN
PPN
PPN
PPN
PPN
PPN
PPN
Minimal level
2
2
2
2
2
2
-
Selling Price
 Rp                   10.000
 Rp                            12.000
 Rp                            22.500
 Rp                          20.000
 Rp                     25.000
 Rp                     30.000
-
Price Level USD
$0,7692
$0,923
$1,731
$1,538
$1,923
$2,307
-
Selling Tax
N-T
N-T
N-T
N-T
N-T
N-T
-
Unit
Pcs
Pcs
Pcs
Pcs
Pcs
Pcs
-

Cara menginput data persediaan yaitu:
- Pilih Modul Inventory
- Item List àNew
- Isikan data pada tab Profile, Buying Details, dan Selling Details.
- Perhatikan contoh gambar di bawah ini:
Tab Profil

Tab Buying Details

Tab Selling Details
Note: Jika level B masih bertuliskan IDR belum menjadi USD, berarti anda belum
melakukan seting price level pada menu List


- klik OK.
- Lakukan langkah yang sama untuk item berikutnya
*Untuk item S01 Pilihan I Inventory tidah di isi karena tidak dijadikan persediaan



3.4.2. Setup Opening Balance Inventory (Adjust Inventory)
Inventory Journal
IJ000001
Date
03 Januari 2017
Memo
Inventory Opening Balance
Item#
P01
P02
P03
P04
P05
P06
Name
Vitamin rambut Ellips
Vitamin Rambut Gingseng
Pewarna Rambut Garnier
Pewarna Rmbut Miranda
Lulur Sari Ayu
Lulur Mustika Ratu
Quantity
150
150
100
100
150
130
Unit Cost
Rp1.050.000
Rp1.200.000
Rp2.000.000
Rp1.500.000
Rp3.000.000
Rp3.250.000
Account
1-1160 Persediaan Barang Dagang
1-1160 Persediaan Barang Dagang
1-1160 Persediaan Barang Dagang
1-1160 Persediaan Barang Dagang
1-1160 Persediaan Barang Dagang
1-1160 Persediaan Barang Dagang
Catagory
L (Local)
L (Local)
L (Local)
L (Local)
L (Local)
L (Local)

Langkah-langkah untuk setup opening Balance Inventory, yaitu:
1. Pada command center pilih Inventory.
2. pilih Count Inventory.
3. Akan ditampilkan jendela Count Inventory. Ketikkan jumlah kuantitas setiap barang
pada kolom counted

4. Selanjutnya klik tombol Adjust Inventory!
5. Tampil jendela Default Expense Account. Pilihan ini bisa dikosongkan
6. Klik Continue!

7. Klik Opening Balance.

8. Lalu isikan harga pokok barang per unit di kolom unit cost, beserta pilihan akun persediaan pada kolom Account!


9. Tekan CTRL + R untuk melihat efek jurnal dari adjust inventory di atas
Nominal harus sama dengan neraca saldo awal


10. Klik button Record








TRANSAKSI JURNAL DAN BANKING


4.1. Jurnal Umum
Jurnal Umum (General Journal) digunakan untuk mencatat setiap transaksi yang tidak sesuai untuk dimasukkan ke modul banking, sales, time billing, purchases dan payroll.
Pencatatan transaksi jurnal umum yang biasa dilakukan pada pembukuan manual, di MYOB        transaksi tersebut diinput di dalam menu Record Journal Entry.
Yang perlu diperhatikan dalam menginput jurnal dalam menu Record Journal Entry:
ØPilihan Tax Inclusive apabila untuk transaksi tersebut dikenakan pajak.
ØKetikkan tanggal pada bagian Date, format tanggal mengikuti setting komputer.
ØKetikkan memo yang menjelaskan transaksi tersebut.
ØPilih akun-akun yang diperlukan untuk menjurnal beserta nominalnya di debet/kredit.
ØPerhatikan jurnal apakah sudah seimbang, posisi imbang ditandai dengan nominal nol (0) pada
Out of Balance.
ØTekan Tombol Record untuk Menyimpan.
4.1.1. Mencatat Jurnal Umum
Contoh kasus:
1.      Salon Mikha membayar Biaya sewa gedung
pada tanggal 1 Janauari 2018 sebesar Rp 2.500.000,-
Penyelesaian :
·         Pilih modul Accounts → Record Jurnal Entry
·         Isikan data transaksi tersebut


·Untuk melihat jurnal yang dihasilkan tekan CTRL + R


2. Pemilik mengambil uang (prive)

BUKTI KAS KELUAR

Ref No : GJ000002                                                       Tanggal : 01 Januari 2018
Dibayar oleh
Sejumlah
Keterangan
: Salon Mikha
:120.000 (melalui kas kecil)
: Pemilik mengambil uang (prive)
Sejumlah dengan huruf : Seratus Dua Puluh Ribu Rupi

Penyelesaian:
·Pilih modul Accounts → Record Jurnal Entry
·Isikan data transaksi tersebut


·Untuk melihat jurnal yang dihasilkan tekan CTRL + R


·Klik Record

3. Perusahaan Membayar Biaya Listrik Dan Air
30 Januari 2018, perusahaan membayar biaya listrik dan air sebesar Rp 1.800.000
BUKTI KAS KELUAR

Ref No : GJ000004                                                  Tanggal : 09 Januari 2018
Dibayar Kepada : Petugas PLN
Sejumlah              : Rp 1.800.000
Keterangan          : Membayar biaya listrik dan air
Sejumlah dengan huruf : Satu Juta Delapan ratus ribu rupiah

Penyelesaian:
·Pilih modul Accounts → Record Jurnal Entry
·Isikan data transaksi tersebut




·Untuk melihat jurnal yang dihasilkan tekan CTRL + R


·Klik Record

4.1.2. Menampilkan, Memperbaiki, dan Menghapus Jurnal Umum
1. Menampilkan Jurnal Umum
Menampilkan jurnal-jurnal transaksi yang telah dibuat sebelumnya, langkahnya sebagai berikut:
a. Pilih modul accounts - klik transaction journal. Lihat pada gambar di bawah ini:



Terdapat lima tab dalam kotak dialog ini, diantaranya:
 1. General, untuk menampilkan kelompok jurnal umum.
 2. Disbursements, untuk menampilkan kelompok jurnal pengeluaran kas.
 3. Receipts, untuk menampilkan kelompok jurnal pengeluaran kas.
 4. Sales, untuk menampilkan kelompok jurnal penjualan.
 5. Purchases, untuk menampilkan kelompok jurnal pembelian.
 6. Invntory, untuk menampilkan kelompok jurnal persediaan barang.
 7. All, untuk menampilkan semua jurnal.
 b. Pilih Date From sesuai tanggal transaksi yang ingin ditentukan
2. Memperbaiki Jurnal Umum
Apabila sewaktu merecord transaksi menyadari ada kesalahan ataupun saat sedang menampilkan jurnal transaksi terdapat kesalahan atau kekurangan pada jurnal transaksi tersebut. Anda dapat perbaiki jurnal transaksi dengan cara sebagai berikut:
a. Pilih modul accounts - klik transaction journal.
b. Klik anak panah disamping jurnal atau dengan mengklik jurnal yang ingin diperbaiki
misal pada jurnal 30 januri 2018 biaya Listrik & air
c. Akan ditampilkan kembali kotak record journal entry untuk jurnal tersebut.
  

d. Ubah data jurnal yang ingin diperbaiki.
Contoh : tambahkan pada kolom memo menjadi biaya listrik & air bulan 1, lalu klik tombol OK. Lihat gambar di bawah ini


3. Menghapus Jurnal Umum
Jurnal yang masih bisa dihapus adalah jurnal yang masih open (tanda anak panah). Berikut langkah menghapus jurnal transaksi.
a. Pilih modul accounts - klik transaction journal.
b.Klik anak panah disamping jurnal atau dengan mengklik jurnal yang dimaksud.

c. Akan ditampilkan kembali kotak record journal entry untuk jurnal tersebut. Dari jendela MYOB accounting, klik menu edit- pilih Delete General Journal transaction

d. Hasilnya jurnal transaksi akan dihapus dari kotak dialog Trasaction Journal, klik tombol close untuk menutup kotak dialog ini
4. Laporan Jurnal Umum
Anda juga dapat menampilkan laporan jurnal transaksi yang dibuat dari record journal entry dengan periode tanggal yang terpilih. Laporan ini nantinya dapat dikirim ke program lain misal ke Microsoft excel. Ikuti langkahnya berikut :
a. Pada jendela Command Center - klik Command panel : reports, lalu klik accounts.
Lihat gambar di bawah ini :


b. Tampil jendela Index to reports tarik scroll bar ke bawah pada bagian Transaction journal anda pilih General journal lalu klik tombol Customize. Lihat gambar di bawah ini:
  

c. Pada kotak dialog report Customisation-general Journal, tentukan periode tanggal pada Transaction date from ketik 01/01/18 dan to 31/01/18, kemudian klik tombol display. Lihat gambar di bawah ini :


d. Report display ditampilkan, dapat langsung mencetak laporan ini, dengan mengklik tombol print atau jika ingin mengirimnya ke program lain untuk diolah, pilih tombol Send To – pilih jenis dokumen laporan yang di inginkan. Lihat gambar di bawah ini :

 

4.2 Modul Banking

Modul ini digunakan untuk menginput transaksi pengeluaran atau pun penerimaan dana yang tidak terkait dengan aktivitas pembelian maupun penjualan.
A. Penerimaaan Dana Dari Bank
Transaksi penerimaan dana yang tidak terkait dengan aktivitas penjulan dapat diinput di Receive Money.
Modul Banking Receive Money
1.      Tanggal 05/01/2018 Pemilik melakukan investasi tambahan sebesar
 Rp. 3.000.000,-

Analisanya: Kas Perusahaan bertambah sebesar Rp 3000.000,-
Modul Banking Spend Money
2.      Pada tanggal 05/01/2018 Perusahaan mengeluarkan dana bank alfa untuk melakukan service mesin perawatan senilai Rp1.500.000,-



Analisanya: Kas Perusahaan berkurang sebesar Rp 1.500.000,-







TRANSAKSI PURCHASE

5.1. Fasilitas Pencatatan Pada Menu Purchase

 Fasilitas pencatatan pembelian yang disediakan MYOB terdiri dari:  a.  QUOTE 
 Merupakan fasilitas untuk menginput data permohonanbarang yang dilakukan antara satu divisi dengan divisi lainnya  dalam satu perusahaan (dokumen intern). Penginputan dokumen ini tidak akan menghasilkan jurnal, dikarenakan belum adanya dana maupun barang yang bertambah. 
b.  ORDER 
 Merupakan fasilitas untuk menginput data pemesanan  barang yang dilakukan antara perusahaan dengan pemasok. Penginputan dokumen ini dapat menghasilkan jurnal jika terjadi penginputan uang muka (DP) di kotak Paid To Day.  c.  BILL 
 Merupakan fasilitas untuk menginput data barang yang telah diterima dari pemasok. Penginputan dokumen ini pasti akan menghasilkan jurnal yang berkaitan dengan persediaan. Selain itu akan menghasilkan jurnal yang berkaitan dengan pembayaran uang muka maupun biaya  angkut jika kotak keduanya terisi. Untuk Pembelian tunai, maka Jumlah Paid To Daydiisi dengan jumlah yang sama dengan Total Amount. d. PAY BILL 
 Merupakan fasilitas yang digunakan untuk menginput pembayaran atas Bill maupun pembayaran uang muka atasOrderataupun Bill.

5.2. Retur Pembelian

 MYOB tidak menyediakan form khusus untuk pengisian Retur Pembelian. Cara pengisiannya sama dengan Purchase biasa, hanya saja untuk kolom Received diisikan dengan angka minus. 
 Setiap melakukan proses retur Anda harus melakukan 2 (dua) tahap, yaitu:
1. Mengurangkan Invoice (Qty Minus) didalam Form BILL.
2. Membebankan  Invoice yang minus tersebut ke  invoice  lainnya (Apply to Purchase) atau membebankan invoice yang minus tersebut dengan penerimaan uang tunai (Received Refund) sebagai pengembalian dana jika pembelian yang diretur tersebut asalnya adalah pembelian tunai.

5.3. Transaksi Pembelian

5.3.1. Transaksi Pembelian secara tunai (USD)
Pada tanggal 01 Januari 2018 perusahaan membeli barang secara tunai kepada PT. Sari Ayu, nomor Bill : 00000005. Jenis barang yang dibeli adalah Lulur Sari Ayu, dengan biaya kirim US$2.
Penyelesaian:
·         Pilih Modul purchases => Enter Purchases.
·         Klik Changes To Bill.
·         Ubah tampilan layout menjadi item.
·         Unceklist Tax Inclusive.
·         Isikan data transaksi purchase.
·         Pastikan rate yang digunakan : USD.
·         Isi data pada kolom pay today.  
·         Klik Record


·        
J  Jurnal yang dihasilkan Tekan CTRL + R


5.3.2. Transaksi Pembelian secara kredit (USD)
Tanggal 07 Januari 2018 perusahaan membeli barang secara kredit kepada PT. Sari Ayu dengan termin 2/10 n/30, nomor Bill : 00000007.  Jenis barang yang dibeli adalah Lulur Sari Ayu, dengan biaya kirim US$2 (dikenakan PPN)
Penyelesaian:
·         Pilih Modul purchases => Enter Purchases.
·         Klik Changes To Bill.
·         Ubah tampilan layout menjadi item.
·         Unceklist Tax Inclusive.
·         Isikan data transaksi purchase.
·         Pastikan rate yang digunakan : USD.
·         Klik Record

·         Jurnal yang dihasilkan Tekan CTRL + R


5.3.3. Transaksi Pembelian secara tunai (IDR)
Tanggal 20 Januari 2018 perusahaan membeli barang secara Tunai kepada PT. Mustika Ratu , nomor Bill : 00000008.  Jenis barang yang dibeli adalah Lulur Mustika Ratu (dikenakan PPN),dengan biaya kirim Rp100.000
Penyelesaian:
·         Pilih Modul purchases => Enter Purchases.
·         Klik Changes To Bill.
·         Ubah tampilan layout menjadi item.
·         Unceklist Tax Inclusive.
·         Isikan data transaksi purchase.
·         Pastikan rate yang digunakan : IDR.

·         Jurnal yang dihasilkan Tekan CTRL + R
      
5.3.3. Transaksi pembelian secara kredit (IDR)
Tanggal 15 Januari 2018 perusahaan membeli barang secara kredit kepada PT. Mustika Ratu dengan termin 2/10 n/30, nomor Bill : 00000006.  Jenis barang yang dibeli adalah Lulur Mustika Ratu (dikenakan PPN), dengan biaya kirim Rp100.000
Penyelesaian:
·         Pilih Modul purchases => Enter Purchases.
·         Klik Changes To Bill.
·         Ubah tampilan layout menjadi item.
·         Unceklist Tax Inclusive.
·         Isikan data transaksi purchase.
·         Pastikan rate yang digunakan : IDR.
·        Klik Record.

·         Jurnal yang dihasilkan Tekan CTRL + R

5.4. Transaksi Retur pembelian
Pada tanggal 10 Januari ng dengan mat2018 dengan nomor purchase FB180110 perusahaan melakukan pengembalian barang dengan mata uang asing kepada PT. Sari Ayu berdasarkan tanggal 01 Januari 2018 dengan cara pembayaran tunai, Rinciannya sebagai berikut :
Jenis Barang
Jumlah
Harga beli
Total beli
P05
2
US$15,38
US$30,76


Total
US$30,76


Biaya kirim
US$2,00


Total
US$28,76
Note: biaya kirim di tanggung supllier
Penyelesain:
· Pilih Modul purchases à Enter Purchases.
· Klik Changes To Bill.
· Pilih layout menjadi Item.
· Ubah Supplier menjadi PT. Sari Ayu.
· Buatlah Faktur Retur terlebih dengan cara menginput jumlah yang diretur        dengan tanda (-).
· Isikan data transaksi purchase.

· KlikButtonRecord.
· Pada Modul Purchase à Pilih Purchases Register.

· Pada tab Returns & Debits klik button Retur Receive Refund.

· Lakukan pengisian data pada jendela Settle Return & Debits
Deposite to Account : 1-0120 Bank (USD)
Amount Received : US$242
Memo : Pengembalian Uang retur dari transaksi FB150101
ID# : CR000002
Tanggal : 10 Januari 2018

· klik Button Record.
Catatan : membebankan invoice yang minus tersebut dengan penerimaan uang
tunai (Received Refund) sebagai pengembalian dana jika pembelian yang
diretur tersebut asalnya adalah pembelian tunai

BAB VI
TRANSAKSI SALES


Pada Bab ini akan dibahas tentang penjualan. Penjualan bisa berbentuk barang atau
jasa. Pada modul Penjualan hampir sama dengan  modul pembelian. Bila anda sudah
memahami modul pembelian, pasti akan mudah memahami modul penjualan.

6.1. Fasilitas Pencatatan Pada Menu Sales

  Fasilitas pencatatan penjualan yang disediakan MYOB terdiri dari: 
1.  QUOTE
Merupakan fasilitas untuk menginput data penawaran  barang kepada pelanggan.
Penginputan dokumen ini tidak akan menghasilkan jurnal, dikarenakan belum
adanya dana maupun barang yang berkurang. 

2. ORDER
Merupakan fasilitas untuk menginput data pemesanan  barang yang dilakukan
antara pelanggan dengan perusahaan. Penginputan dokumen ini dapat
menghasilkan jurnal jika terjadi penginputan uang muka (DP) di kotak Paid To Day. 

3.   INVOICE
Merupakan fasilitas untuk menginput data barang yang dikirim ke pelanggan. Penginputan dokumen ini pasti akan menghasilkan jurnal yang berkaitan dengan
persediaan. Selain itu akan menghasilkan jurnal yang berkaitan dengan penerimaan
pembayaran uang muka maupun pendapatan angkut jika kotak keduanya terisi.
Untuk penjualan tunai, maka Jumlah  Paid To Day diisi dengan jumlah yang sama
dengan Total Amount. 
4. Receive Payment
Merupakan fasilitas yang digunakan untuk menginput  penerimaan pembayaran
atas  invoice maupun penerimaan pembayaran uang muka atas  Order atau pun
Invoice.








6.2  Transaksi Sales

6.2.1Transaksi Penjualan Barang tunai (USD)


Penyelesaian:
·         Pilih Modul sales => Enter Sales 
·         Ubah Layout Menjadi Item 
·         Pilih Tab Invoice => Pilih Pelanggan Atas Nama Salon Windi
·         Pilih Term menjadi COD => Input data transaksi penjualan.

·         Jurnal yang dihasilkan Tekan CTRL + R



6.2.2Transaksi Penjualan Barang kredit (USD)


Penyelesaian:
·         Pilih Modul sales => Enter Sales 
·         Ubah Layout Menjadi Item 
·         Pilih Tab Invoice => Pilih Peanggan Atas Nama Salon Windi
·         Pilih Term menjadi In a Given # of a Days => Input data transaksi penjualan.

·         Jurnal yang dihasilkan Tekan CTRL + R




6.2.3Transaksi Penjualan Barang secara tunai (IDR)

Penyelesaian:
·         Pilih Modul sales => Enter Sales 
·         Ubah Layout Menjadi Item 
·         Pilih Tab Invoice => Pilih Pelanggan Atas Nama Dwi Salon
·         Pilih Term menjadi COD => Input data transaksi penjualan.



·         Jurnal yang dihasilkan Tekan CTRL + R


6.2.4Transaksi Penjualan Barang secara kredit (IDR)

Penyelesaian:
·         Pilih Modul sales => Enter Sales 
·         Ubah Layout Menjadi Item 
·         Pilih Tab Invoice => Pilih Peanggan Atas Nama Dwi Salon
·         Pilih Term menjadi In a Given # of a Days => Input data transaksi penjualan.

·         Jurnal yang dihasilkan Tekan CTRL + R


6.2.5Transaksi Sales untuk jenis Service (IDR)

Pada tanggal 12 Januari 2018 sdri Resty melakukan perawatan senilai Rp500.000 dengan dikenakan PPN.

Penyelesaian:
·         Pilih Modul sales => Enter Sales 
·         Ubah Layout Menjadi Service
·         Pilih Tab Invoice => Pilih Pelanggan Atas Nama Resty
·         Pilih Term menjadi C.O.D
·         Input data transaksi penjualan jasa.


Jurnal yang dihasilkan tekan CTRL+R
     

6.2.6 Retur Penjualan
Pada tanggal 17 Januari 2018 dengan nomor purchase FB180117 Dwi Salon melakukan pengembalian barang P01 sebanyak 5 pcs dengan nominal Rp50.000 di karenakan ada kerusakan dengan mata uang indonesia kepada  Mikha Salon&SPA Berdasarkan tanggal 12-01-2018 dengan cara pembayaran tunai.

·         Pilih Modul Salesà Enter Sales.
·         Klik Changes To Invoice.
·         Pilih layout menjadi Item.
·         Ubah Customer menjadi Dwi Salon.
·         Buatlah Faktur Retur terlebih dengan cara menginput jumlah yang diretur dengan tanda (-).
·         Isikan data transaksi sales.

· Klik Button Record.
· Pada Modul Purchase à Pilih Sales Register

· Pada tab Returns & Debits klik button Retur Receive Refund.

· Lakukan pengisian data pada jendela Settle Return & Debits
Deposite to Account           : 1-0120 Bank (USD)
Amount Received                : Rp50.000
Memo                                     : Pengembalian Uang retur dari transaksi :                                                                FB180117
ID#                                         : CR000002
Tanggal                                  : 17 Januari 2018

· klik Button Record.
                

6.3. Transaksi Pelunasan Hutang dan Piutang

Transaksi Pelunasan Hutang (Mata uang: IDR)
Pada tanggal 28 Januari 2018 perusahaan melunasi hutang kepadaPT. Mustika Ratu m (tanggal: 31 Desember 2017) sebesar 1.050.0000,-
Penyelesaian :
·        
Pilih Purchase =>  Pay Bills

·         Klik Record
Transaksi Pelunasan Piutang (Mata Uang : USD)
Pada tanggal 23 Januari 2018 Salon Windi melakukan pembayaran piutang untuk tanggal 31 Desember 2017 sebesar US$90.
Penyelesaian :
·      Pilih Sales => Receive Payment


·         Klik Record


6.4 Laporan – laporan

- Pilih Menu Report

1.      Trial Balance

2.      All Purchase

3.      All Summary

4.      Statment of Financial Position


5.      Statment of Cash Flow


6.      Statment of Comprehensive Income 


DAFTAR PUSTAKA


Mahmudi Ali. 2012. Myob Accounting dan Premier I edisi kedua. PT Gramedia:Jakarta.
Mahmudi Ali, 2012, Komputerisasi Akuntansi Myob Perusahaan Dagang. PT
Grasindo:Jakarta.
Modul Aplikasi Komputerisasi Akuntansi II (MYOB Single Currency). 2017. Tim Konsorsium Komputerisasi Akuntansi.
Modul Aplikasi Komputerisasi Akuntansi III (MYOB Multi Currency). 2017. Tim Konsorsium Komputerisasi Akuntansi.
Suryana Ruchyat. 2012. Komputerisasi Akuntansi dengan Myob Edisi Revisi Kesatu. Informatika:Bandung.




Untuk lebih jelasnya bisa liat di link youtube kami https://youtu.be/uiYb2mhNK4Y atau https://www.youtube.com/watch?v=Cy9c_hwT48w&list=PLTapxlWUSN-OQVT5aFX18-GDUCFMXCcTM

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Statistika Deskriptif Tentang Ukuran Gejala Pusat Data Dikelompokan

Resume atau Rangkuman Bab 12 Saluran Pemasaran dan Manajemen Rantai Pasokan buku Prinsip-Prinsip Pemasaran edisi 12 Jilid 2 Philip Kotler